Menu

Sabtu, 18 Januari 2020

Pengalaman matakuliah Permodelan Geologi Teknik- ITB 2019

Permodelan geologi teknik merupakan matakuliah wajib bagi opsi geologi rekaysa. Matakuliah ini diampu oleh bapak Imam A. Sadisun dan pak Rendy Kartiko. Selama perkuliah permodelan ini membuka pemikiran saya mengenai regulasi yang perlu diperhatikan oleh seorang ahli geologi teknik.

Pada minggu pertama sampai UTS. Kami banyak membahas mengenai definsi permodelan geologi teknik. Mulai apa yang disebut dengan geologi teknik, geomekanika, rock mechanics, soil mechanics bagian mana saja batasannya. seperti ktia ketahui bahwa dalam investigasi banyak sekali menggunakan berbagai istilah seperti ground investigation, geotechnical investigation, soil investigation, geological investigation banyak sekali istilah-istilah dalam suatu proyek sehingga pak Imam memberikan tugas kepada kami mengenai hal tersebut dan membandungkan standart-standart yang ada di dunia dalam dalam penyelidikan yang berhubungan dengan geologi teknik.

Peran geologi teknik sering juga dibahas oleh pak Imam, bahwa geologi adalah material "unforseen" oleh rekan-rekan ahli geoteknik. Oleh karena itu, perlu adanya sinkronisasi dari ahli geologi (geological model) untuk mendesign (geotechnical model) dalam mendukung suatu kontruksi.

Setelah UTS sampai UAS tteman-teman peserta geolgoi teknik akan diberikan tugas mengenai permodelan fondasi, permodelan bangunan tinggi, permodelan lereng, permodelan jembatan, permodelan jalan, permodelan bendungan dan permodelan terowongan. Oleh karena itu sebaiknya teman-teman menyiapkan materi sebaik mungkin dan jangan lupa untuk memasukan standart yang ada dalam permodelan yang terkait baik secara SNI maupun standart yang lain.

Demikian pengalaman saya dalam mengikuti kuliah permodelan geologi teknik. Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar